Kamis, 06 Februari 2014

Lain Lubuk Lain Ikanya...

Tinggal di perantauan itu banyak pengalaman unik dan menarik...bertemu dengan berbagai karakter dan budaya ,bahasa, serta adat istiadat yang berbeda sungguh banyak memperkaya wawasan.
Dari hal yang sepele sampai hal yang luarbiasa sudah saya rasakan selama tinggal di perantauan setiap hari dari masa ke masa selalu ada hal yg baru yang saya baru ngeh...
Seperti hal sepele beberapa waktu lalu terjadi...


Ceritanya kami ber15 anggota Paduan suara yang anggotanya jg berasal dari berbagai daerah mayoritas dari suku Toraja,sisanya ada Jawa,Padang,Palembang,Jambi  dan Dayak mengadakan acara syukuran karena mendapat juara 3 lomba paduan suara antar organisasi wanita di Kutai Timur...disepakati menu ikan bakar lengkap dengan ugo rampenya...menu dipesan ke katering,untuk menghemat biaya nasi,buah dan minumannya sumbangan dari anggta koor,saya dapat tugas membawa nasi...
Berdasarkan pengalaman dari teman2 gereja yang berasal dari Toraja masak nasi untuk orang Toraja itu beda dengan orang jawa...kalau 1 kilo beras bisa utk 10 atau 12 orang jawa,tapi 1 kilo beras untuk orang Toraja itu hanya cukup untuk 7 orang saja! Mereka makan lebih banyak? Ya ya ya..Bisa jadi,bisa jadi,bisa jadi...hihihi..
Kalau org jawa jarang makan ikan laut...lain lagi dengan orang Bugis ikan itu udah seperti  tempe dan tahunya orang jawa..hampir setiap hari harus ada ikan..karena ikan di tempat asalnya sungguh berlimpah...jadi selamat deh merantaunya di Sangatta yg stok ikannya juga berlimpah ruah.
Nah kembali ke acara syukuran tadi...beras saya masak sebanyak yg disarankan....mudah2an tidak kurang , masa sih ibu2 yg cantik2 itu makannya kayak mamang2...,, hihihihi..
Tiba saat makan saya sih terakhir aja deh biar mereka duluan....saat saya mengambil makan saya cukup terperanjat karena nasi di termos kok masih banyak? Apa sekarang orang2 Toraja makan nasinya sdh gak seheboh biasanya? atau mereka sdh makan dulu di rumah?? Berbagai pertanyaan mengganggu pikiran  saya ..halah...
Akhirnya daripada penasaran saya beranikan diri utk bertanya "ibu2 pada diet ya,kok nasinya masih banyak? Jawaban mereka membuat saya shock...." Gak diet kok bu,tapi nasinya lembek! Wakakakakakakak......usut punya usut saya baru ingat, selain porsi nasi yang extra ternyata mereka lebih suka nasi yg pero kata orang jawa atau berhambur kata mereka atau nasi untuk nasi goreng!! Jiaaaahhh saya salah deh..kok masak nasi ala saya ya? Sebenarnya nasi saya tidak lembek biasa aja tapi menurut mereka itu lembek,....yah namanya juga beda suku beda lidah....itulah kekayaan yang memperkaya wawasan kita yang mungkin saja tidak saya dapatkan di tempat lain....demikian.

Tidak ada komentar: