Jumat, 11 September 2015

Pempek Lenjer Step By Step

Siapa gak suka pempek??
aiihh siapa sih yang berani menolak makanan seenak ini?
enak dan tidak membosankan!
Ini dia resepnya..

Bahan:
500 gr daging ikan tenggiri
350 gr tepung tapioka
2 butir telur
garam
gula pasir

Bahan Biang:
150 cc air
4 sdm tepung terigu
masak sampai kental,dinginkan

Ini cara membuatnya ya:

campur daging tenggiri,biang,telur,garam dan gula

aduk sampai rata

tambahkan tepung tapioka

aduk rata

taburi  meja dengan tepung supaya tidak lengket,bentuk silinder 

potong sesuai selera

rebus pempek dalam air mendidih yang sudah diberi minyak kira2 2 sdm agar tidak lengket

angkat jika sudah mengapung...angkat.

Selamat mencoba ya!

Masak Jengkol

Yang bau itu enak apalagi kalau bukan jengkol..jengkol dimasak apa aja saya mah suka..saya mah gitu orangnya...
Yang jelas kalau makan jengkol itu bisa nambah jadi 2 piring...saya masak jengkol ini pake bumbu suka2 aja.....yang pasti so yummmy...

rendam jengkol kira 3 jam

rebus jengkol bubuhi garam dan daun jeruk sampai empuk..saya 2x rebusnya biar gak pahit juga

haluskan bawang merah bawang putih,cabe merah,kemiri,tumis bersama daun jeruk,salam dan serai...masukkan santan sedang setelah mendidih masukkan jengkol masak sampai kuah mengental lalu tambahkan kecap manis gula dan garam.

masak sampaikuah sisa sedikit, angkat dan siap dihidangkan,,...
Hmmmmm ...enak banget!!..
di Jogja jengkol lagi mahal 40rb/kg gak tahu kenapa ,info penjualnya sebelumnya malah 70rb..mungkin musim kemarau ya...emang ada hubungannya?
Selamat mencoba ya!

Rabu, 09 September 2015

Brokoli Cah Telur

Jangan pernah kehabisan ide ya buk ibuk...liat apa aja yg di kulkas ayo kita masak...kecuali lagi males sih hehehe..
Ada telu ada brokoli yuk kita putar otak jadi tumis sehat..



Ini resepnya ya..
1 kuntum brokoli cuci bersih dibawah air mengalir lalu potong2
2 butir telur kocok
3 bawang merah iris
2 bawang putih iris
lada bubuk,minyak wijen,gula pasir dan garam secukupnya.

Cara membuat;

tumis bawang merah putih sampai layu masukkan brokoli aduk sebentar lalu tuang telur kocok aduk2 dan bubuhi lada,minyak wijen,gula dan garam aduk sebentar lalu angkat..


Kue Ulangtahun Irit

Rejeki anak sholeh hehe..
Punya mami dan suami yang tanggal dan bulan lahirnya sama...
Kesempatan langka dua2nya pas lagi ngumpul di Jogja...
jadilah saya bikin cake tiramisu yang saya belum pernah bikin sebelumnya itu artinya nekat ya..kalau gagal njuk piye? hmmmm...
Tapi niat saya kan baik dan Tuhan menyambutnya dengan suka cita maka jadilah cake tiramisu yang endang bambang gulindang galindung....


Berhubung ulangtahunnya sama2 ,makanya saya beruntung sekali cukup bikin 1 buah aja untuk mereka berdua jadinya irit banget kan....tapi rada2 gak elok jg sih sebetulnya liat angkanya ..hehe..


Ya..mami saya ultah yang ke 75 dan suami saya 50  angka yang unik bukan? kapan lagi ngerjain mereka...upsss...hihihi..




Mumpung masih pada kumpul besoknya kita dinner di Bale Ayu resto di Imogiri...



Mudah2an kesempatan ini bisa terulang lagi di tahun2 yang akan datang dan semua dalam keadaan sehat walafiat..Selamat ulangtahun mamiku sayang dan suamiku tercinta semoga panjang umur,selalu diberi kesehatan,perlindungan,terkabul doa2nya dan selalu Tuhan berkati...amin..



Snack Box

Walaupun kue2 di Jogja relatif murah harganya tapi tak mengurungkan niat saya untuk membuat kue sendiri sekaligus untuk menyalurkan hobby makan..eh hobby bikin kue hehe..
Nah setiap minggu sekali kita dapat giliran ketempatan doa/kebaktian di rumah..
Kebetulan saya dapat giliran minggu lalu..terpikir untuk membuat snack semuanya sendiri..tapi apa daya niat tidak berbanding lurus dengan tenaga yang saya punya..akhirnya saya bikin 1 macam kue dari 4 kue dalam box.
Berhubung saya udah lama pengen bikin pie buah karena banyak gagal di kulit pie nya..akhirnya saya minta resep ke adik ipar saya yg memang expert dalam dunia perkuean..
Jadilah pie buah yang cantik tanpa gagal ..



Senangnya hatiku....kalau berhasil rasanya kayak habis ujian dapat nilai A+ hihihihi...
Nah snack lain yang saya pesan yaitu kue sus saya sengaja minta yg polos jadi di rumah saya tinggal lelehin coklat leleh diatasnya..


Kue yang lain arem2 dan kacang telor dan teh kotak untuk minumannya....


Beruntung ada suami saya sedang cuti jadi urusan perkotakan dipegang oleh suami tercinta..hehehe..


Dan kegiatan ibadahpun lancar semuanya dapat snack box dan dapat berkat dari Tuhan...amin..

Minggu, 30 Agustus 2015

Rempeyek Kacang

Lihat ada sisa kacang tanah dari membuat bumbu soto Makasar jadi kepikiran untuk bikin rempeyek kacang..apalagi besok pengen masak nasi pecel..wah cocok nih.
Saya udah lama banget gak bikin rempeyek karena saya suka yang praktis tinggal beli, selesai..tapi berhubung lagi rajin ayo kita bikin sendiri aja.

banyak stok minyak dari goreng ayam jadilah peyek ada rasa2 ayamnya hehe..

cruncy dan krispi..apa ya bedanya..

pas jadi 1 toples
Bahan2nya:

150 gr tepung beras
150 gr tepung tapioka
100 gr kacang tanah dicacah
200 ml santan ( saya pake kara ) dicairkan
5 lembar daun jeruk diiris tipis

Bumbu halus:
bawang putih
kencur
ketumbar
kemiri
garam

Cara membuat:
campur semua bahan dengan bumbu halus kecuali kacang tanah.
adonan harus cair ya supaya menghasilkan peyek kacang yg tipis .
kalau seandainya diresep saya kebanyakan air atau masih kurang cair dikira2 saja ya..
memang masak itu harus pake feeling juga kok ...
setelah rata,panaskan minyak goreng tunggu sampai panas baru kita tuang adonan di pinggir wajan dg bantuan sendok atau centong sayur dengan ditambah sejumput kacang .
tuang minyak keatas peyek agar lepas dari pingiran wajan..
goreng sampai kuning saja ya karena ketika diangkat akan garing dan berwarna agak kecoklatan.
goreng sampai habis angin2kan lalu masukkan dalam toples , tutup rapat.


Kamis, 27 Agustus 2015

Emping


Walau saya tidak terlalu suka emping tapi lihat lautan emping segitu banyak saya jadi terpana dan meminta ijin penjualnya untuk narsis diantara emping2 itu.
Kata si bapak itu sekilonya 40rb, empingnya lumayan bagus tipis dan garing...kalau kios si bapak ukuran 6x2 kira2 brp banyak emping yang dia jual ya?
aaah saya tak pandai matematika tp saya kasihan kalau sampai gak habis ? bagaimana kalau berjamur? hehehe kok saya jadi ngelantur ya?
akhirnya saya gak beli empingnya..loh..tapi saya beli lumpia/sumpi isi ebi yang dijualnya diantara emping itu...kata si bapak ini enak dan renyah loh...saya memang suka daripada emping.
Tapi sampai rumah saya cicipin keras dan kurang gurih loh...haduhh kecewa deh saya..
moga2 laris jualan empingnya ya pak..