Jumat, 08 November 2013

Tahu Isi Favorit Saya

Entah kenapa saya suka banget yang namanyatahu isi...
Makanan sederhana dari bahan sederhana tp rasanya super yummy...
Tahu yang sekarang lagi naik daun...gara2 mahalnya harga kedelai ..kok iso yo wong negara kita kaya kok sampai bs mengimport kedelai dari negara yg notabene bkn negara pertanian seperti negara kita...tahu deh gimana kebijakan penyelenggara negara kalau hanya masalah tahu aja ora enjoh..kata mami saya...
Balik lagi ke tahu isi...mungkin krn di tempat saya berasal yg makanan khasnya mendoan...alias Banyumas,.. memang makanan ini sdh tdk asing bahkan kelewat biasa karena temanan sama mendoan...di sekolah,di kantin,dimanapun yg jual mendoan biasanya juga menjual tahu isi...
Apa sih khasnya tahu isi? Kalau favorit saya sih yg isinya sayur kol,toge dan irisan wortel serta bumbu pedas manis yg ssluurppppp....hmmmmm jd ngeces...digoreng agak kering supaya gurih! Ada di tetangga kampung saya ada penjual tahu isi yg terkenal yaitu tahu isi "MORA" saya sendiri belum pernah kesana,karena selalu minta tlg keponakan untuk membelinya...karena antre puanjang....sampai gak kelihatan si penjualnya...kata keponakan saya..Hehehe...
Tapi sekian waktu berlalu...setelah saya pindah ke Kalimantan..pengetahuan saya tentang tahu isi mulai bertambah...disini tepatnya di sangatta..kebanyakan tahu isi diisi bukan dengan sayuran tapi bihun...hmmm saya sangat tdk setuju!
Karena mengurangi kenikmatan dan nilai gizi!!...
Jadi kalau saya mampir tukang gorengan saya tanya dulu isinya apa?kalau bihun saya kecewa dan pulang dg tangan hampa...
Tapi ada juga teman yg jual tahu isi istimewa....knp istimewa  karena selain isinya wortel dan toge juga cincangan daging sapi.....dan harganya juga istimewa 5000/buah....apalagi daging sapi lagi mahal2nya  gara2 kasus suap....heran deh negarakita juga kaya akan sapi loh..kok sampai import juga,kasian sapinya ninggalim anak istri/suami ke negara lain hanya untuk dipotong dan dijadikan obyek suap...hadeuuuhh....
Tapi saya tetap cinta dengan tahu isi yg original....yuk goreng tahu..

Tidak ada komentar: