Senin, 27 Februari 2012

Pinjam Meminjam

Sebetulnya apa sih arti dari meminjam? 
Kalau menurut saya meminjam adalah memakai barang yg bukan milik kita untuk kita pakai dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan dg si pemilik barang tsb tanpa mengurangi jumlahnya.
Itu kalau barang ya..bgm dg meminjam uang,atau hutang?
Menurut saya juga sama berdasarkan kepercayaan tp dalam hal ini yg sedikit berbeda adalah cara mengembalikannya,mungkin jika meminjam dalam bentuk barang akan lebih cepat dikembalikan ya...mungkin gak sih jika meminjam baju misalnya,harus berlama2 kita simpan sementara baju tsb sdh tidak diperlukan lagi? kecuali memang org tsb punya niat lain ya....hmmmmmm ada juga sih org yg seperti ini....

Lalu kembali dg masalah hutang piutang...banyak yg sudah sering terjadi di masyarakat kita masalah yg terjadi karena hutang piutang,dari mulai kasus yg biasa sampai yg berakhir dg hilangnya nyawa seseorang hanya karena masalah yg satu ini...ngeri yaaaa....inget kasus debt colector dg nasabahnya yg sampai meninggal kan?
Tentu dari semua itu yg kita harapkan adalah hutang piutang berakhir dengan damai...artinya si peminjam harus tepat waktu mengembalikan uang yg dia pinjam....selesai kan?

Coba deh apa yg kita rasakan jika org tsb apabila pada jatuh tempo  tdk kunjung mengembalikan...sampai tak ada kabar beritanya dan akhirnya org tsb hilang entah kemana?? tentu bukan lagi masalah piutang tp sdh mengarah ke penipuan...
Adalagi piutang dg saudara atau keluarga...hmmmm yg ini rada2 sensitif ya...kadang2 dianggap hanya memberi,tak harap kembali...hiks..lain soal jika saudara atau teman kita benar2 sangat membutuhkan dan rasanya tak mungkin bis mengembalikan...kok rasanya jd gak tega ya..jd ingat dengan guru katekis saya dulu..pinjamilah dan jangan kamu anggap sbg hutang..niscaya akan ringan hati dan langkahmu..

Sebetulnya dalam hal ini semua terletak yg pada itikad baik orang yg meminjam ya...berlaku utk teman,tetangga bahkan saudara...siapapun itu,ringan saat meminjam,ringan pula saat mengembalikan kewajiban...jangan hancurkan kepercayaan karena sangat sulit didapat,tp sangat mudah dihancurkan...






5 komentar:

ke2nai mengatakan...

setuju bgt.. kepercayaan sulit di dpt, tp menghancurkannya mudah..

mama icel mengatakan...

dan yg harus lebih sabar itu yg meminjamkan..salah2 malah bisa galakkan dia drpd kita ya...

mimi RaDiAl mengatakan...

udah pengalaman, emg minjamnya ga byk...tp belum jg dibayar eh malah mau minjam lagi, ga dikasi ngambek hihihihi
aneeeh ;D

Rosa Devga mengatakan...

jaman sekarang ini harus makin waspada....

mama icel mengatakan...

@mimi: kayaknya nagihnya harus pake pecut mi...hihi...makanya kalo bisa jgn punya urusan dg pinjam meminjam ya...pedih ujung2nya hihi

@rosa: waspadalah...waspadalah...tuulll