Kamis, 15 Maret 2012

Menang Lagi

Puji Tuhan...
itu pertama yg kuucapkan atas kemenangan sbg juara ke 2 team periksa (persatuan istri karyawan) KPC departemen Pit J dalam lomba Boga Nusantara dlm rangka HUT PT.KPC yg ke 30. Memang peringkat kami turun setelah 2x beturut2 menang terus mendapat juara 1.
Tapi surprise banget deh...karena team dari departemen lain bagus2 dan keren2...
Mungkin,ini analisa ku ya sbg peserta .... juri sangat mementingkan RASA...hmmm secara ya lidah gak bisa bohong!

Awalnya sih saya ragu mengusulkan tema masakan dari Bali...oya yg dilombakan adalah makanan daerah dr mulai makanan pembuka,utama dan penutup..
kenapa saya ragu,masalahnya saya belum pernah masak masakan Bali,pernah sih cicip tp udah lama sekali dan menurut saya rasanya kurang mantap ya..atau lidah saya yg udah diset rasa jawa?hihi
tp itulah tantangannya,sdh belum pernah masak nekat dilombakan pula,jurinya kompeten pula dari mulai cheff hotel,dinas kesehatan sampai dinas pariwisata.
tapi dasar niat pantang menyerah akhirnya tetep dipilih menu dr Bali..yaitu Lawar,sate lilit,plecing kangkung dan ayam betutu gak ketinggalan sambal matah dan pisang rai.


Tapi saya sangat berterimakasih pada om google nih yg sdh menyediakan sarana penting utk mencari resep2 yg waduhh sampai bingung resepnya dlm bbrp versi....
keraguan kedua...ibu2 yg terdiri dari 4 orang ini kagak ada yg berani memasaknya...gubrag....! piye ki..masa iya saya trn tangan sendiri??..yaaah dasar memang sdh niat banget,akhirnya disepakati saya yg masak ibu2 lain yg membantu ngupas bawang,menyiangi sayur,ngiris2 bumbu,nguleg jg enggak wong ada blender...gile ya 6 menu gue sendiri yg mengolah!!



Tak hanya sibuk utk memasak loh,tp kita menyiapkan utk dekorasi juga..
kerena dekorasi atau meja tempat penyajian harus sesuai dg tema makanan...
Jadilah saya berdua dg bu Yohanes (kebetulan ibu ini semangatnya melebihi saya hehe) sangat enak mengajak beliau utk bekerja...
kebetulan saya punya tempat saji yg saya beli dari Bali,jd kita hanya mencari pernik2 lain,spt taplak poleng kain dan bunga kamboja sdh pasti semua org tahu 2 item itu ciri khas pulau dewata.
hunting di toko2 kain habis,di pura (kebetulan dkt rmh saya ada pura) gak ada bisa yg dipinjamkan krn dipake,sampai broadcast di BBM gak ada yg bs bantu akhirnya terpaksa kita pake jasa printing pesan siang,sore bisa diambil hehhe...coba dari tadi kek..
Cari bunga kamboja,kok ndilalah punya temen gak berbunga..masa harus ke kuburan??
iseng saya sampaikan hal itu ke bu Yohanes,apa kata dia...ayok bu kita ke kuburan!! wakakakakakakak..
beneran loh kita berdua nekat ke kuburan,yg seumur2 saya baru ke tempat ini karena jauh di ujung sangatta. sampai di tempat memang banyak bunga kamboja, tp bukannya kita masuk malah takut diam di mobil...untunglah saat itu ada anak2 kecil lewat,maksudnya apa? hehhe ya kita suruh mereka ambil dg hadiah uang+permen mereka mau...duhh anak2 pemberani!
lega rasanya sdh dpt yg kita cari wlopun penuh dg perjuangan!


Tiba saat waktunya masak..dg harap2 cemas,dg doa sepenuh jiwa...akhirnya semua menu yg direncanakan selesai...bumbu2 disini agak2 saya modif supaya masuk ke lidah org indonesia pd umumnya hehehehe..
Tepat jam 1 semua menu selesai dan siap diangkut ke meja eksekusi.
Rupanya di TKP...hanya meja kita yg bener2 memang hanya ibu2 yg mengerjakan,ada sih tetangga bu Yohanes yg kita perbantukan utk membuat penjor dan mengangkat tanaman,sedangkan meja lain bapak2 di kantor sampai enginer semua turun tangan, membuat meja dr team lain menjadi semarak...apalagi meja di samping kita...hmmmm kebetulan mengusung tema Bali juga,...weladalah...serunya bapak dan ibu turun semua,sungguh membuat kita berkecil hati...tp the show must go on,kita harus bisa tanpa lelaki...hahahhaa..


Waktu terus bergulir..meja kita sdh siap...penampilan simpel tp unik...yg gak kalah penting masakan kita sangat menggoda iman hehe...saya lirik meja departemen lain ada yg mengambil menu dari Suatera,sulawesi,Jawa,dll
saat juri datang saya semper nervous jg,banyak sekali yg mereka tanya terutama chefnya...untunglah hikmah dari memasak sendiri itu membuat saya PD menjawab pertanyaan juri..bayangkan kalau bukan sy yg masak pasti gelagapan ya...bahkan juri sampai datang 2 kali ke meja kami utk mencicip lagi masakan kami...waah tenyata si cheff masih penasaran dg rasanya...ternyata pertanda baik ya..

Usai juri menilai,para tamu dipersilahkan mencicipi makanan yg dilombakan td...tahu gak cin makanan kita langsung ludes!!
hmmmm....kayaknya bisa kita pertimbangkan utk buka restoran Bali... xixixixii


Akhirnya pengumuman lomba boga nusantara diumumkan dan spt yg saya bilang periska kami mendapat juara 2,piala dan hadiah berupa uang akan kami gunakan utk hal yg berguna yaitu makan2 bersama hahaha...
Capek dan rempongnya sdh terbayar...mudah2an tahun depan masih bisa mengikuti lagi dg semangat kebersamaan yg lebih erat lagi...Chayo!!



4 komentar:

marsudiyanto mengatakan...

Hehehehe...
Bunga kambojanya itu yg bikin luluh hati jurinya

Rosa Devga mengatakan...

selamat ya......eemmmm, jadi pengen di masakin nih hehehhe

ke2nai mengatakan...

selamat buat mama icel.. kl buka resto bali, bukanya di jkt aja biar sy bisa nyobain.. heheh..

no limit adventre mengatakan...

kunjungan sob :)