Rabu, 07 November 2012

Musibah Itu...

Musibah itu bisa kapan saja datangnya tanpa kasih kabar,tanpa permisi tanpa bbm dulu...hiksss..
Dan tak ada yang menginginkan itu terjadi bukan? musibah kecil atau besar kalau boleh minta jgn sampai menimpa kita.
Tapi kalau sudah jadi nasib kita,siapa yang bisa menghindar?


Dan musibah tersebut telah menimpa saya saudara2!....huhuhuhu...,bisa dibilang saya dapat musibah kategori "sedang"yang bisa menjadi besar jika kita lalai dan lali!


Ceritanya begini...semalam sebelum saya berangkat ke Yogya ...(tgl 18 Oktober )saya di rumah berdua dg Elsa anak saya yg kecil karena suami ada acara di gereja.. saya ke dapur dan  menggoreng mendoan,makanan khas banyumas yg gak ada matinya..huuh jgn dibahas dulu..setelah selesai menggoreng saya pergi mandi...maksud hati mau sekalian keramas hihi..tp berhubung dingin batal deh jadi mandi hanya sebentar gak ada 5 menit!...selesai mandi saya buka pintu dan jeng..jeng..jeng...dari kamar mandi saya melihat dapur sdh membara merah merona...  Rupanya kompor belum saya matikan dan api sdh menyala di wajan yg berisi minyak !!! bagaimana klo saya td jadi keramas ya????


Kontan saya ketakutan dan teriak2 minta tolong dan meminta Elsa untuk meminta bantuan ke tetangga..sambil saya berusaha mematikan api yang sdh menjilat ke dinding,kitchen set..dan melelehkan blower yg tepat berada diatas kompor!!..melihat api makin membesar saya matikan kompor dan mengambil tabung pemadam kebakaran...tapi saya benar2 mati kutu tidak tahu bagaimana cara melepas kuncinya padahal hanya tgl ditarik aja cincinnya...OMG...dan saya geletakin begitu saja tabung tsb.



Akhirnya saya ambil wajan dari kompor yg masih menyala lalu saya lempar wajan yg berisi minyak dan api tsb ke lantai,karena saya pikir klo tidak saya pindahkan akan semakin menjilat dinding2 rumah kami yang terbuat dari kayu. ternyata api bukannya padam malah menyala dilantai...huwaaaaaaaa,,,, tanpa pikir panjang saya ambil bantal lantai dan saya tutup ke wajan tsb...aman!! dan kenapa saya kok tidak kepikiran mengambil blanket yg ada di dekat kompor ya?? alamak!!


Sementara itu api di dinding masih membakar kitchen set,masih dg kepanikan yg luar biasa dan herannya kok tetangga belum datang jg ya?? Elsa gak datang2 pula!!! saya matikan api dg air dari kran yg saya tampung dengan tangan kosong bukannya dg ember!! dan ajaib api itu mati!!...Puji Tuhan sujud syukurrrr..semua itu karena pertolonganMu...


                ini wajan yg gosong  dan bantal penyelamat


Setelah semua padam....barulah tetangga dari penjuru dunia..berdatangan...tergopoh-gopoh membantu saya,mengeluarkan tabung gas,menyemprot kembali kompor dg tabung pemadam, membuka jendela lebar2 karena asap hitam sdh memenuhi ruangan...lucunya ada bapak2 tetangga saya waktu masuk meminta kunci mobil karena akan diamankan supaya tdk terkena kebakaran...hahahahaa...mungkin beliau jg panik dan mengira masih ada api...

Setelah tenang,saya baru merasakan sakit dan perih di kaki serta ibu jari tangan..
ternyata kaki saya menginjak wajan di lantai dan ibu jari melepuh terkena minyak,dan celana panjang saya terkena minyak panas ..dan suami sayapun baru saya telf ketika api sdh padam dan segera datang dan terpana...eh terpana atau terbengong ya? melihat kehebohan rumah kami...


                Kaki cantik terpaksa diperban uhuk..

Singkatnya saya diantar ke klinik dg jalan terpincang2,anehnya waktu kejadian saya tak merasakan sakit, loh..saya merasa jadi wonder women malam itu..menaklukan api seorang diri dan yang saya pikirkan cuma satu,harus cepat padam..karena dalam hitungan detik bisa menjadi bahaya besar...

Padahal saya harus ke Yogya besok paginya ..
Yah dg tekad bulat saya tetap memutuskan utk tetap pergi ke yogya dg kaki diperban...bukan masalah tiket PP sdh saya beli,tapi lebih karena saya trauma dg kejadian yg baru terjadi...saya gak mau melihat dapur saya dalam keadaan porak poranda,saya meminta suami saya untuk segera memanggil tukang dan merenovasi dapur ,sehingga saat saya pulang, dapur sdh kembali seperti sedia kala...
maaf ya saya tidak upload foto dapur bekas kebakaran..bgmanapun saya masih sedikit trauma.

Dari musibah itu tentunya ada hikmah yg dapat kita ambil untuk lebih berhati2 lagi..dan alangkah baiknya ikuti tips berikut ini berkaitan dg yg terjadi pada saya:

1. Cek kembali kompor selesai kita masak atau ketika akan keluar rumah,saat mau tidur.
2. Perlunya mempunyai alat2 pemadam api ringan
3. Perlu refresh pengetahuan kita secara berkala mengenai menanggulangi bahaya kebakaran dan cara2 penggunaan alat pemadam.
4. Jka kebakaran karena kebocoran gas,segera matikan aliran listrik dan bawa keluar tabung gas
5.Jangan panik,karena jika panik tdk akan menyelesaikan masalah.. (hehehe) dan seperti saya lupa semua cara menggunakan peralatan pemadam sehingga tdk terpakai dg semestinya.
6.Simpan no telf pemadam kebakaran atau polisi terdekat.

Semoga kejadian ini tidak akan saya alami lagi ..cukup sudah ...kata Glen fredly..


9 komentar:

Nutrisi Diet Sehat mengatakan...

Pengalaman berharga mak,
memang kita tidak boleh lengah sedikitpun terhadap lingkungan kita.

mimi RaDiAl mengatakan...

haddoohh mamaaa....tu kaki cantik kasian bgd! bantuan Tuhan emg sllu tepat pd waktunya!

ngeri ueyyy klo udh cerita kebakaran..wlw blom prnh kejadian tp liat efek yg ditimbulkan itu yg bikin trauma. jangan lupa2 lg ya mammmm.

cb waktu itu lgsg tlp mimi..kan bs ngrrumpi (hlo!) hehe

mama icel mengatakan...

@mimi: aku merasakan mukjizat jg dari Tuhan,tanpa pertolongannNya saya pasti sdh gak berdaya...makasih ya mi...Smg tak terulang lagi

mama icel mengatakan...

@nutrisi: betul sekali,pengalaman amat sangat berharga membuat kita selalu waspada

ke2nai mengatakan...

waduh mom.. ngeri juga kejadiannya ya..

tp trus ke Jogja yg beli oleh2 sepatu itu ya.. Hihihi..

astien mengatakan...

untung langsung tertangani ya mam...bener2 super woman dah mam :D

#ngikik baca komennya bunda ke2nai :D

mama icel mengatakan...

@mamakenai:ya begitulah...sepatu itu sbg hiburan spy diriku tdk trauma hahaha..

mama icel mengatakan...

@astien: kalau tidak nekat sdh parah say...hiks..sungguh kalo ingat rasanya masih ser2an...

primaningrum mengatakan...

dan esok hari setelah kejadian kopdar bersamaku dengan kaki cantik yang terbalut perban :)

semoga menjadi peringatan buat kita semua ya jeng, untuk lebih seksama dan hati hati di dapur.

btw sekarang sudah sembuh kan yaaaaa, pan udah dapat sepatu cantik, dapur baru, kompor baru juga ^_*