Senin, 16 Maret 2009

Bunga Jambu

Gara2 postingan ini,jadi inget sesuatu di kepala saya yang mulai muncul....ugh apa itu?? tanda2 itu menunjukkan bahwa saya sudah bukan ABG lagi walaupun pengen sieh kembali ke masa itu wekekkkk...gak inget umur deh! ..yang jelas benda itu mau mengingatkan bahwa umur sudah makin bertambah.
Yup bener banget !!yang dimaksud apalagi kalau bukan uban atau bahasa kerennya bunga jambu...huuuuu..
Tapi bunga jambu itu belum bertaburan kok masih dalam hitungan jari2 tangan dan kaki nah loh..banyak ??..dan tumbuhnya baru 2-3 centi..duh telatennya diukur2 hihihi..
Gak malu deh saya akui itu secara emang kenyataanya begitu dan itu sudah hukum alam,sawdara2...!
Dulu seh waktu pertama muncul..sempet stres duh berasa tua dari usia...tapi setelah nanya2 mbah google..emang uban ini gak kenal usia dan banyak faktor yang merangsang si uban ini muncul sebelum waktunya..contohnya karena :
.1. Faktor Genetik, biasanya orangtua penderita uban dini membuat anak pun mempunyai peluang yang sama, ..bener banget mungkin turunan dari ibu saya nih....sementara bapak saya bebas dari uban!! waw..
•2. Tubuh yang kekurangan vitamin B dan zat besi juga memicu tumbuhnya uban seperti penderita anemia atau kekurangan sel darah merah,
•3. Kurang gizi ...(alamak mudah2an bukan karena ini) dapat membuat jumlah enzim pembentuk pigmen berkurang dan uban pun muncul tanpa permisi. Makanan cukup protein sangat diperlukan tubuh untuk membentuk enzim tersebut dan menghambat tumbuhnya uban,
•4. Asap rokok dan polusi menambah radikal bebas dalam tubuh, misuaku udah gak ngerokok lagi kok jadi bukan karena ini ya..
•5. Rambut bisa cepat beruban juga karena salah perawatan misalnya proses pewarnaan yang kurang bagus atau kandungan kimia dalam cat rambut yang tak cocok dengan kulit kepala, mungkin ada benarnya..secara saya pernah ngecat rambut...!
•6. Efek radiasi pada penderita kanker sangat memicu timbulnya uban,jauh2in dari ini.....
•7. Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minuman alcohol dan begadang juga membuat rambut segera beruban...yang terakhir kayaknya tuh...

Dan uban bisa dicegah dengan :
•· Memperbaiki nutrisi tubuh dengan memperhatikan asupan makanan, mengkonsumsi cukup zat besi dan vitamin B,
•· Hindari mewarnai rambut berkali-kali karena membuat pigmen rambut mati. Jika harus juga mewarnai rambut, pilih yang alami seperti daun pacar untuk warna merah, bayam untuk hijau, dll, ribet ya...
•· Sesedikit mungkin bersentuhan dengan polusi udara yang menyebabkan radiasi pada kulit. .bagaimana dg polusi debu batu bara yang nampaknya akrab disini??

artikel dari sini.

Yah semoga artikel ini bermanfaat khususnya buat yang sudah mulai tu...ups beruban maksudnya...

17 komentar:

Angsoka47 mengatakan...

maenkan cat rambut neh, hehehe... ga ush bingung, aku dah jg tuh... its okey lah...

3 Kurciss mengatakan...

alooo new comer eyang.....uban mah emang ga pandang bulu deh, mimi aja yg baruuuu juga 30 dah hampir semua rambutnya ubanan, kata teman sih karena pengaruh pake jilbab ding. tapi ya aku cuex beibeh aja deh, yg poenting muka ga tuir hihihi

Vera mengatakan...

Tenaaang Mam..walopun udah ga abege lagi tapi mama icel kyk yg masi abege kok masi imut2 hihihi..padaal anaknya udah ada yg gadis, apa siy rahasianya..

ke2nai mengatakan...

iya nih urusan uban emang suka bikin pusing. Sy juga mulai ada uban. duh pusing deh.. Tapi coba diasik2in aja deh. Gak mau dipikirin :D

mama icel mengatakan...

@angsoka
uban adalah tanda bahwa yang punya sudah matang...hihi mangga kali matang...dibikin positif thinking aja kan...? but aku belum brani ngecet lagi kan itu salah satu pemicu juga...

@mimi
aih mimi welcome back ma...! apa kabar?? bener tuh biar udah ubanan penampilan tetep masih oke!!

@vera
tuing..tuing..jadi GR neh ver...tks ya!

Atca mengatakan...

hayahhh...hubbyku juga sudah buanyak banget kok ubannya...dan semua kriteria diatas itu ngga masuk kedia...mungkin karena faktor keturunan juga kali yah...*ngga terima dibilang kurang gizi wkwkwkwk*

Milla Widia N mengatakan...

baru tau istilahnya oeban itu bunga jambu hihihihhi...

mam. kita sih maunya awet muda terus ya... hikhik.. yuk, kita kloning aja

LOL

Chika Putri mengatakan...

Iya nih, aku aja mulai ada uban di kepala depan aja. wah,..kyknya tanda2 stress...
*ga usah cat rambut kan, warnanya udah berubah deh...;)

namaku wendy mengatakan...

hihihi baru tau uban itu kerennya bunga jambu, kirain tadi mo ngbahas bunga jambu beneran, gak taunya:p
yah gpp to namanya juga eyang jadi ya wajar kalo ubanan huehehehe

Penny mengatakan...

kirain rambut jambu tadi itu apa jeng.. ealah ternyata uban toh, baru tahu hihiii

nanti yg ada ubannya di shadding aja, biar kayak anak muda sekarang hehehehe

lesca mengatakan...

ssssttt..., jeng, punyaku malah sudah ga bisa diitung pake jari orang serumah :-P

tapi katanya, rambut putih itu mahkotanya orang yang bijaksana... *wink*

ika rahutami mengatakan...

panik ma???
yang penting tetep semangat dan cantik kan?

Diary Pink mengatakan...

hehehe... ada kembang jambu dirambut jadi panik :D

Lyla mengatakan...

udah jadi eyang kalo beruban ya lumrah mbak hehehehe....

Diary Pink mengatakan...

mampir lagi mbak...hehe blm updet yak :D

yanti mengatakan...

gak apa2 lah uban, kan dah gendong cucu kemaren ;P kayaknya abis ini kudu banyak2 makan vit B nehh.. secara ogut kurang darah ;(

dewo mengatakan...

Kalo aku justru inginnya jika ubannya sudah banyak, maka rambut aku cat putih saja. Tapi sekarang baru 1-2 saja timbulnya, jadi belum layak dicat putih semua.

Hehehe...