Sabtu, 28 Februari 2015

Oleh- Oleh bandung

Sebelum saya cerita tour saya ke Bandung saya mau bagi dulu cerita oleh2 Bandungnya dulu ya.
Sudah lama saya tidak makan yang namanya peyeum atau tape singkong..terus terang saya gak terlalu suka beda dengan suami saya doyan!...kadang diseduh dg air hangat atau air es ...kalau saya mah dimakan begitu saja atau saya buat cake tape lain itu saya tak sukelah..
Tapi untuk oleh2 saya suka aja karena suka memberi hehehe..
Maka tak lupa saya membelinya kira2 3 kiloan untuk saya bagi ke tetangga2 di Jogja..


Beda dengan tape singkong di tempat lain biasanya singkongnya sdh dipotong kecil2 dan ditempatkan di keranjang beralas daun pisang kalau di Bandung atau jawa barat tape2 singkong tidak dipotong namun dibiarkan utuh ....Lihat penampakannya saya jadi teringat kepompong di film Alien ya...hiiiii.....
Ada cerita lucu saat saya berada di bandara hendak pulang ke Jogja itu peyeum saya bungkus dalam tas tersendiri dan saya tenteng ketika di Xray si tas peyeum itu mondar mandir di cek oleh petugas...Ohh tape kata si petugas hehe..gak puas diambilnya tas saya dan dicium2 sampai yakin bahwa itu tape...mungkin si petugas melihat di layar monitor ada benda aneh dengan warna mirip alkohol kali ya,...ya tidak salah karena hari itu pas peyeumnya matang jadi keluar aroma alkohol hehehe....ada2 aja..
Saran saya sih kalau untuk oleh2 belilah peyeum yg masih belum matang atau masih keras sehingga sampai di rumah peyeumnya masih cantik tidak rusak dan tidak terlalu kecium aromanya.

Selain Peyeum ada buah asing yang baru saya lihat dan rasakan , yaitu sawo belanda..
kenapa sih mesti pake Belanda bukannya buahnya dari Indonesia ...hmmm..mungkin karena warnanya yang oranye spt kulit org bule...




Bentuknya seperti buah pepaya california..hadehhh negara org lagi namanya..
tapi ukurannya lebih kecil sebesar telur angsa tp ada juga yang lebih besar lagi.
Rasanya seperti ubi jalar manis dan durian Lai atau durian oranye,,tapi terasa bertepung lebih lengket jadi kalau dimakan tangan dan gigi celemotan...hehehehe..maka saya akalin dengan mencampurnya dengan buah naga.


Perpaduan warna ungu dan oranye menghasilkan warna yang cantik seperti red velvet cake ya..
rasanya juga segar dan yang pasti tidak bikin celemotan di tangan...


Tidak ada komentar: