Selasa, 04 Maret 2014

Gara-Gara Abu Vulkanik...

Bisa dibilang saya tuh termasuk korban dari erupsi gunung Kelud loh...walau tidak secara langsung tapi sedikit banyak memberi dampak kepada saya ..
Pasalnya seharusnya saya berangkat ke jogja pada 15 Pebruari untuk keperluan mengurus sekolah Elsa dan menengok icha dan rumah saya disana.,tapi karena bandara Adi Sutjipto tertutup abu Kelud sehingga bandara ditutup...sejak itu saya selalu manthengin berita di TV mengenai perkembangan gunung Kelud dan keadaan di bandara Jogja...
dari rencana tgl 18 Pebruari akan dibuka ternyata mundur...tiket pesawat yg sdh saya reschedule akhirnya mundur lagi jadi tgl 19 dengan harga fantastis 1.471.000 !!
..hmmmm mudah2an tak mundur lagi karena tgl 21 saya harus ke Jakarta utk Tour bersama teman2 nanti saya cerita deh setelah judul ini hehehe..
Hari Rabu 19 Pebruari saya berangkat dari Sangatta dengan perasaan galau karena ada bbm dari teman saya kalau hari ini Lion belum bisa terbang ke Jogja...haduuuhhhh piye tooo katanya hari ini sudah bisa  mengudara....wislah dijalani dulu kalau udah di Balikpapan kan jelas infonya.
Sampai di sepinggan Balikpapan saya langsung menuju counter Lion...hati saya dag dig dug karena antrean di counter kok memanjang..apakah org2 tsb mau menukarkan tiket,reschedule atau sebab lain?
benar saja saat tiba giliran saya ternyata hari ini Lion belum bs terbang direncanakan besok pagi baru bisa...akhirnya saya memesan tiket utk besok ....tapi saudara2...tiket utk besok udah full..begitu juga yg siang dan sore!! adanya hari jumat tgl 21 ...laah hari itu saya kan mau ke jakarta!!

Sayapun meninggalkan counter dengan perasaan berkecamuk...dan tidak sadar berurai airmata!! sayapun menangis sendiri di pojokkan ..bagaimana tidak, rencana hari sabtu tgl 15 seharusnya terbang tp tdk jadi,diganti hari senin,senin batal jadi selasa,sementara Garuda dan maskapai lain bisa mendarat di jogja, Lion sendiri tdk PD , dan rabu hari itu tidak juga bisa terbang...piye to yoooo....pas suami saya telfon mungkin karena ada hubungan batin ya dia merasa sang istri sedang kesusahan di bandara.saya bilang ntar ya pap,mama tak nangis dulu...huaaaaa....perasaan saya tambah sedih seperti dimain2kan oleh Lion...setelah saya bisa mengendalikan emosi ,saya coba untuk menemui pak Suraji,beliau ini org yg bekerja di KPC Balikpapan yang biasa mengurus pesawat dari dan menuju Sangatta...siapa tahu dia punya teman di Garuda atau citilink atau Sriwijaya sehingga bisa mengusahakan 1 seat utk saya hari itu...ternyata hasilnya juga nihil...berarti memang semua full karena mungkin perpindahan dari penumpang lion yg tdk jd berangkat hari itu...

Ahirnya saya pasrah dengan hati dongkol saya kembali antre di counter Lion dengan nekat reschedule utk keberangkatan tanggal 21 pagi dengan resiko saya harus selesaikan waktu 6 jam di jogja utk menyelesaikan urusan saya karena jam 2 siang saya harus segera chek in kembali utk melanjutkan perjalanan ke Jakarta..
Dibalik itu memang pasti ada hikmahnya,saya akhirnya bisa bermalam di rumah kakak saya di Balikpapan...yang memang jarang ketemu karena jarak...gak kebayang ya penumpang lain yang tidak mempunyai saudara di Balikpapan dan tidak cukup uang untuk membayar hotel...apakah pihak maskapai memikirkan sampai kesitu..no way!

Setelah semalaman saya berpikir,idepun bersliweran saya putuskan utk go show esok hari (kamis) di bandara siapa tahu saya beruntung mendapakan seat utk penumpang yg cancel penerbangan jam 6 pagi itu..bisa dibilang saya tuh nekat yg kedua...subuh2 jam 4.30 saya diantar kakak ipar ke bandara...kakak iparku baik banget...hehehe...sementara kakak ipar saya sholat shubuh di luar saya masuk ke counter Lion...yg sdh panjang antreannya..nyali saya ciut tapi saya tetap keukeuh...jam sudah menunjukkan pukul 5.30 petugas belum juga datang...sementara pilot dan pramugari sudah lewat di depan saya siap menuju pesawat! omg...apa saya harus nangis lagi??
Tapi saya tidak putus asa saudara2.. saya ingat masih punya no HP mas Tri karyawan di counter pesawat KPC mudah2an dia sdh bangun...Puji Tuhan dia mengangkat dan saya minta bantuannya kalau ada teman di Lion yg bisa memberi info kalau2 ada yg cancel hari itu ...
tidak lama ada telf masuk dr nomer yg tdk dikenal...saya pikir karyawan Lion dia bilang ada nih bu yg cancel tapi ibu harus bayar 1,5 jt...saya jawab saya sdh beli tiket utk besok dg harga sama ,masa saya harus ganti segitu juga..tdk lama dia menelfon lagi pas panggilan pertama boarding...ya udah bu,500ribu ya ...saya baru ngeh kalau saya bicara dengan calo...akhirnya saya janjian ketemu di depan pintu masuk pas panggilan kedua...benar2 sudah tidak ada waktu untuk saya berpikir...

Di depan pintu  sdh menunggu 4 orang laki2 dengan pakaian lumayan perlente...dia minta tiket saya tgl 21 dan menukarnya dengan tiket penerbangan hari itu,,..saat itu sudah panggilan terakhir...saya minta dia mengantar saya sampai ke dalam karena saya tidak mau ambil resiko dengan tiket yg diberikan kepada saya,siapa tahu tiket ilegal...( memang sih jatuhnya tiket itu jadi ilegal juga ya)...rupanya org itu paham dg kekuatiran saya dia yg membayar airport tax meskipun uangnya dari saya juga..setelah aman saya berikan uang 500rb itu kepadanya dan melirik ke nama di tiket tersebut UMI KALSUM ...huaaaaa...wis embuhlaahhh yang penting saya bisa berangkat hari itu.

Ini kenekatan saya yang ketiga ...Saat memasuki pesawat dengan ngos2an karena saya benar2 terlambat...saya dikejutkan lagi dengan keadaan di dalam pesawat ternyata sepi saudara2!!! masih banyak kursi yang kosong.......oalaaaaaaa..maksudnya apa ini ya????? sementara saya dan penumpang lain merana karena tidak bisa terbang hari ini karena full...ternyata kenyataanya pesawat sepi penumpang...sampai sekarang saya tidak mudeng dan belum dapat jawabannya..
Tapi terbersit pikiran jelek kalau Lion sebetulnya masih belum PD terbang ke Jogja,sehingga utk mengurangi resiko dia hanya mengangkut sedikit penumpang....serta merta saya baca2 doa..apalagi nama saya berubah menjadi Umi kalsum....huaaaa...
setelah agak tenang saya baru ingat kalau td saya belum memberitahu kakak ipar saya yang mengantar saya ke bandara kalau saya sudah dapat tiket dan sdh di dalam pesawat...ya olooo...




2 komentar:

Dewo mengatakan...

Hehehe... seru juga ceritanya. Kasihan kakak ipar gak dikasih kabar, xixixi...

Mungkin penumpang kosong karena tiket sudah diborong calo.

mama icel mengatakan...

hihihi....bener2 adik ipar kurang ajar sdh diantar lupa ngasih kabar...
gak tahu tuh mas saya jg bingung tp syukur selamat dan aman tak kurang suatu apapun wlo setelah dipikir2 saya ini ibu yg nekat...hihihi