Senin, 24 Agustus 2015

Tekwan

Saya orang Jawa tapi pecinta banget kuliner Palembang,mungkin karena teman2 saya banyak wong kito galo jadinya membentuk seleramlidah saya menjadi seperti ini hihihi,,
Salah satunya yang saya suka ya tekwan ini...makanan seger nan bergisi ini juga menjadi favorit keluarga saya,..mari kita lihat penampakannya ..

Abaikan cobek yang narsis itu ya..secara saya lagi gelo beli blender Oxone ternyata gak bisa dipakai!
Sama sekali gak bisa buat memblend bumbu2 alias tak bisa motong2 hanya muter2 doang...ya ampun saya sampai ngejembreng buku panduannya,pantengin cara pasang dan pakainya di yutub udah betul tapi kenapa si alat ini gak bisa berfungsi?
haloo yang punya pabrik Oxone..bantuin dong....


Udah deh saya pasrah,lagian saya sdh beli blender lagi yang lebih bagus dan pastinya bisa berfungsi dengan baik!
Resepnya tekwan gampang kok hanya saja saya sudah membuat bakso ikannya jauh2 hari jadi saat hari H tinggal siapkan teman2nya saja antara lain:
*jamur kuping , cuci rendam air panas potong2
*bengkoang,kupas,cuci,potong korek api
*sedap malam atau bunga pisang kering,buat simpul,cuci dan rendam...tapi kenapa bunga pisang yg saya beli jadi asem ya? akhirnya dg berat hati saya buang hiks..
*soun rendam air hangat
*daun seledri potong halus
*bawang goreng

Bumbu2:
bawang putih,lada,garam haluskan
ebi/udang cincang

bakso tekwan:
500 grdaging ikan tenggiri,haluskan
150 gr tepung kanji
3 btr bawang putih haluskan
garam
lada
gula pasir secukupnya
1 butir putih telur
 cara membuat:
campur semua bahan uleni dan bentuk dengan sendok masak dalam air mendidih.
angkat setelah mengapung.



cara membuat tekwan:
masak air sampai mendidih,
tumis bumbu halus dan udang/ebi..masukkan bakso tekwan,berturut2 jamur kuping,bengkuang,bunga sedap malam,masak sebentar masukkan seledri sedikit saja dan bawang goreng sejumput,angkat dan siap hidangkan.


Tidak ada komentar: