Senin, 22 Juni 2015

Soto Sokaraja

Lagi jalan2 ke supermarket eh pas ada promo harga daging semur  lagi diskon 20%....hmmm siapa yang gak tergiur ya? langsung berslieweran menu di kepala mau dimasak apa?
Tanpa pikir panjang saya beli setengah kilo dan mau saya masak Soto Sokaraja,soto khas kampung halaman saya di Jawa Tengah.

Besoknya saya beli bahan pelengkapnya wah saya masak dengan semangat karena pernak pernik sotonya tersedia dg lengkap termasuk sambal kacang dan kerupuk soto yang saya beli di negara asalnya hehe..jadi saya bisa masak dengan lebih cepat karena masak soto itu perlu waktu untuk memasak satu2 bahan pelengkapnya.

Bagi yang ingin mencoba berikut resep soto Sokaraja berikut resepnya yang saya buat sederhana tidak ribet.

Bahan:
1/2 Kg daging semur atau daging yang ada lemaknya sedikit
100 gram kecambah atau toge pendek rebus sebentar
100 gram soun seduh dengan air hangat
Kerupuk soto warna warni
Air untuk kuah

Bumbu:
6 butir bawang merah
4 bawang putih
2 ruas jahe
1 ruas kunyit
1/2 sdt lada halus
1/2 sdt ketumbar halus
1 batang serai memarkan
gula merah dan garam secukupnya

Pelengkap:
Ketupat
Bawang Pre iris
Bawang goreng
sambal kacang ( kacang goreng, bawang putih, cabe,gula merah,garam dihaluskan) saya pake bumbu pecel pedas.
Kecap manis

Cara membuat:
-Rebus daging bersama serai
-Tumis bumbu2 yang sudah dihaluskan  sampai harum masukkan ke dalam rebusan daging yang sudah mendidih masak sampai daging empuk,saat mau diangkat masukkan sedikit irisan daun bawang dan bawang goreng.

Cara penyajian:
- siapkan mangkok , iris ketupat berturut2 masukkan soun,toge,potongan daging,kerupuk sedikit diremukkan,daun bawang,bawang goreng,sambal,kecap dan terakhir kuah soto.
-soto siap dihidangkan.
-selamat mencoba

Tidak ada komentar: