Senin, 22 Juni 2015

Tempe Mendoan

Selain dibuat cemilan teman minum teh makanan satu ini juga serasi kalau disandingkan dengan nasi pecel atau soto Sokaraja.
Kalau ke daerah Banyumas atau Purwokerto dengan mudah akan menemukan penjual mendoan karena dari sanalah makanan ini berasal.
Saya mah beruntung sekali sekarang tidak usah repot2 membuat bumbu dan mencampur antara tepung terigu dan tepung beras,karena sudah ada tepung mendoan yang sudah lengkap dengan bumbunya jadi tinggal kita cairkan saja.


Praktis bukan,saya tidak sedang promosi karena saya baru ngeh ketika dikirimin bersachet2 bumbu mendoan/gorengan ini oleh ibu saya tercinta.


Tinggal saya tambah irisan daun bawang,tanpa mengulek bumbu lagi..wah saya jadi rajin goreng mendoan atau tahu goreng.


kalau yang sulit mendapatkan tepung ini berikut resep tempe mendoannya ya..

Bahan:
1 papan tempe,iris tipis melebar
200 gram tepung terigu
150 gram tepung beras
3 batang daun bawang iris
air untuk mengentalkan tepung
minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
garam secukupnya
bagi yang menyukai mendoan agak berwarna kuning bisa ditambahkan kuntit 1/2 ruas

Cara membuat:
-campur bumbu dan irisan daun bawang kedalam adonan tepung
-panaskan minyak goreng sampai benar2 panas
- celupkan tempe iris ke dalam adonan tepung dan langsung goreng
-goreng sebelum berwarna keemasan karena namanya saja mendoan yang artinya setengah matang
- angkat dna tiriskan
-sajikan selagi hangat dengan cabe rawit atau sambal kecap.


Tidak ada komentar: