Jumat, 28 November 2008

YANG BAU YANG SEHAT

Mustinya yang wangi yg sehat ya...kok ini aneh ..yg bau kok malah yang sehat..apaan tuh?
Penasaran kan...langsung aja deh kita sebut dia tu PETAI atau bahasa gaulnya PETE..halah..


Artikel ini aku dapat dari seorang temen,pasti udah banyak temen2 yg udah tahu bahkan dapat artikel serupa...tapi gak ada salahnya kan menyebarkan info yg bagus yg pasti ada yg belum tahu manfaatnya...
Konon nih Pete mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa , fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat.
Nah..kombinasi ini , ternyata bikin kita jadi sangat bertenaga!
*wah bagi yg maniak pete , bakal makin semangat ni ngeborong pete.. mumpung lagi musim..
Tapi tunggu..sabar. .sabar.....baca dulu artikelnya mpe abis ya........
Riset membuktikan dua porsi pete aja..gak dijelaskan sih 1 porsi itu seberapa jangan2 1 piring nih huwaaaaa..ternyata mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Makanya , tau ga sih kalo makanan ini tu kesukaannya para atlet top!
Selain itu , pete juga banyak gunanya.
Bisa juga ngebantu ngobatin beberapa penyakit. Check this out! (dari berbagai sumber) karena saking banyaknya manfaat pete ini eike pilihin manfaat si pete ini yg penting dari yg penting aja ya...

-Depresi
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi , banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan , sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax , memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia...nah loh tapi bagaimana buat yg disekelilingnya? Buat bahagia atau malah bikin bete??

-PMS (premenstrual syndrome)
Jika mengalami PMS saat ' tamu ' datang , kita ga perlu minum pil ini ataupun itu , cukup atasi dengan makan pete.
Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah , yang dapat membantu mood.. wih coba dibikin ekstrak pete jadi kalau pas gak musim kita gak perlu repot2 cari pete kalau lagi "dapet".....

-Anemia
Dengan kandungan zat besi yang tinggi , pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

-Tekanan darah tinggi
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium , tetapi rendah garam , sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya , sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke. ..hebatttt....

-Kemampuan otak
200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan , istirahat , dan makan siang...wah musim ujian banyak nih yg cari pete bukan buku..hihihi... Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada....waduh Icel gak suka nih udah dirayu2 sedemikian rupa tetep gak mau katanya kalau mau pinter ya belajar bukannya malah makan pete!wakakkakak..

-Gigitan nyamuk
Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk , coba untukmenggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini

-Kegemukan
Penelitian di Institute of Psychology Austriamenemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit , peneliti menemukan bahwa kebanyakan o rang mejadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi.Laporan menyimpulkan bahwa , untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik , kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan kadarnya tetap.

-Mengatur suhu tubuh
Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah' dingin ' yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya , ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

-Merokok
Kayaknya cocok nih buat papa Icel yang susah banget disuruh berhenti ngerokok..rrrrrggghhh...
Pete dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok.Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya , bersama dengan kalium dan magnesium , membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin .Gak papa deh bau dikit yg penting bisa memberhentikan kebiasaan merokok..

-Stroke
Menurut riset dalam "The New England Journal ofMedicine , " makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.


Setelah membaca semuanya , anda pasti jadi percaya bahwa pete adalah obat alami untuk berbagai macam penyakit. Jika dibandingin ma apel , pete memiliki protein 4 kali lebih banyak , karbohidrat dua kali lebih banyak , tiga kali lipat fosfor , lima kali lipat Vitamin A dan zat besi , dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya.Jadi mulai sekarang , jangan memandang sebelah mata ma buah satu ini....Ternyata kaya nutrisi kan ?

Tapi jika ada yg punya solusi cara menghilangkan bau pete(bukan dengan makan jengkol loh ya...kekekkek) akan sangat bagus tuh jadi bisa balance makan pete tetep jalan tapi gak ada efek bau pesing dan bau mulut... ...

Jadi bagaimana? siap mencoba...atau udah ada yg menjadikan pete sebagai makanan favorit?Selamat, berarti anda adalah orang yg sehat(bau)...amien...


PS:tks buat yg sudah mengirim artikel ini ke saya..
gambar diambil disini dan disini,tks

35 komentar:

Milla Widia N mengatakan...

Mama Icel, aku suka PT ini loh... apalagi kalo di sambel goreng...
wiiyyyy... jadi ngiler :p

ENDRIYANI mengatakan...

Horeee Pertamax!!!...

Oh gitu ya Mom...dulu saya seneng...Tapi dah lama saya tinggalkan abis hrs kerja trus hrs berkomunikasi ama orang tiap detik jadinya berhenti gak mau makan lagi taku ntar nasabah saya malah ngacir kabur...hehehehhe

Skrng dah dirumah aja jadi klo gitu mau lanjut lagi ach makannya...hahahahhaa
Phalg setelah baca postingan mama icel yg paling top bgt ini saya jadi siapa takut bau kan manfaatnya banyak ya...Makasih yach

Mom siap-2 belanja yuks kepasar kita borong pete 10 kg...hehehehehehe

ke2nai mengatakan...

waaa.... gak suka bgt 'ma pete. Suami juga gak suka. tp bener tuh buat yg suka pete kyknya bakalan makin semangat aja makan petenya.

Budiawan Hutasoit mengatakan...

wah mama icel ini tau aja kesukaan saya..itu pete kalo dibakar, trus makan sama sambel trasi, dan ikan asin jambal..wuiiihhhh...enak tenan...

kalo pun bau..kan bisa diilangkan dengan makan jengkol..
benar kan ma..

rumah lina mengatakan...

Haduh mbak kuat melakukan aktivitas 90 menit... 90 menit buat bersihin kamar mandi yg bau pete.. mana tahannnn hiks

Debrian mengatakan...

hahaa.. untung saya ga suka pete tante..opphss,,

mama icel mengatakan...

@milla widia
berbahagialah yg suka...wekekekke..terus makan pete ya say...

@endriyani
gak nyangku juga ibu yg cantik ini suka pete..iya sih kalau yg di kerja di custumer service memang musti ayu dan wangi,apa jadinya kalau bau pete..
tp sekarang sok atuh beli pete sebanyak2banyaknya..

@ke2nai
gak suka ya?rugi loh bu..sensasi rasanya itu tak terkatakan!wakakakkak...cobain dong dikit2..aku temenin mau?hehehhe..

@budiawan hutasoit
udah ketahuan kok dari baunya kalau situ suka pete juga hahhaha tos dulu deh!!

@rumah lina
itu dia maksudnya kali stelah makan pete kita akan beraktivitas 90 menit di KM buat nyikat toilet! wakakkakkk..

@debrian
gak suka ya?gak papa makan jengkol aja deh.ups...makasih udah mampir...

Sekarani mengatakan...

aku juga suka kok mama icel..disini ampir tiap hari tukang sayur bawa..tapi aku gag tiap hari kok beli..

mama icel mengatakan...

mulai sekarang jadikan menu utama aja hahahha.

Asih Evan mengatakan...

kalau pulang kampung sering maksn sih..hidangan pelengkap keluarga. Tapi kalau di Sangatta kayaknya kau beli sekalai satahun aja...untuk tambahan bikin samabel hati klau lebaran.

marsudiyanto mengatakan...

Saat saya nulis komentar ini, saya sambil nunggu dimasakkan petai istri saya. Sumpah.

mama icel mengatakan...

@asih evan
tambah sedep ya kalau ada pete tapi paling oke sebagai pelengkap salbal ikan asin huhuhhu...mauuuu jadi pengen,..

@marsudiyanto
apa kabar pak?akhirnya singah juga ke sini..hehehhe...masa seh pak?ada filing dg pete dong eh dengan saya...hahhaha..salam buat bu marsudiyanto ya..

Febrie mengatakan...

dulu aku doyan pete .. tp begitu melihat mahluk kecil nan halus yg keluar dari pete ini .. huuuuaaaa .. lsg antipati .. hehehhe ...

mama icel mengatakan...

iya memang suka ada ulatnya..cari yg bagus dong bu..kalau gak mau repot makan aja sekalian protein tuh....hahhaha

icHaaWe mengatakan...

walah..ternyata pete itu banyak banget manfaatnya yah.
aku suka sambel pete..ato nasi goreng pete..tp kalo dilalap gak doyan.

tp kalo diluar negeri..pete muahal nya minta ampuuun... gak akan makan pete degh, kalo ga balik ketanah air

mama icel mengatakan...

wah bisa jadi peluang bisnis tuh cha...mau deh jadi eksportir pete hahahha...

Eucalyptus mengatakan...

Wah, Mama Icel lagi coba2 jadi konsultan kesehatan neh... BTW makasih ya resep2nya... sambel goreng ati pake pete enak lho... hue he he...

Mieske mengatakan...

Daku juga suka ma yang namanya PETE di lalab yummy tenan.
ma'acih banyak untuk artikel yg bagus ini.
Kalo ada obat utk myomaku kasih tau ya say hehehe :)

mama icel mengatakan...

@eucalyptus
konsultan pete maksudnya ?wekekekk..suka pete gak mbak?mudah2an suka ya..

@mieske
mies,mudah2an ni pete juga bisa jadi obat itu,siapa tahu?
btw,mudah2an dikasih yg terbaik ya mies..dan dirimu tetep semangat!
GBU

Atca mengatakan...

aku suka juga tuh sama petai...buat lalap atau campuran sambal goreng enak juga..

mama icel mengatakan...

betul say..,jadi ngiler neh..!
tks ya..

Angsoka47 mengatakan...

awalnya nya seh, pete tuk ngikutin resep ajah... tp tuk sehat, boleh dah dicoba...

mama icel mengatakan...

mulai sekarang,tambahin porsinya dari biasanya ya..:D

Endah mengatakan...

kalo orang bule aja ngga gengsi makan pete buat kecerdasan kenapa kita harus malu kalo doyan pete ya ngga mbak...:)

mama icel mengatakan...

betul sekali bu..ngomong2 bu endah suka gak?kayaknya penggemar juga ya...:D

lesca mengatakan...

wah, aku harus belajar bersahabat sama si pete ini dong ya?
bapaknya anak2 sih doyan banget... petenya doyan, ngerokoknya juga masih doyan :(

met hari minggu yaaa.... ;-)

mama icel mengatakan...

papanya aja suka tinggal mamanya nih harus belajar ma papanya..:D

met hari minggu juga mam,GBU

Lyla mengatakan...

wahh...kalo ke Jogja aku kasih PT aja neh hehehe...

mama icel mengatakan...

beneran ?aku tanggal 20 ke yogya say..kopdar yuk..

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kesehatan terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

mama icel mengatakan...

trimakasih kunjungnnya..

Cicha Mamanya Shaina mengatakan...

pete? aduh, aku sebenernya ga gitu suka euy.. cuma suka aromanya aja (apalagi kalau buat sambel goreng ada aroma petenya hmm). Papaku tuh maniak abis2an ama pete. Sepiring gede bisa dia sikat abis.

Hmm.. bisa jadi obat PMS?? secara PMS dan sakit saat haid adalah penyakit yang paling menyebalkan (even abis lahiran), apaa.. mmm.. aku harus coba suka pete yaa???

Suhar mengatakan...

Wah, pete ya? Itu makanan favoritku.

Saya pernah tayang artikel ttg pete juga. Utk masalah menghilangkan bau pete silahkan buka di www.penironku.co.cc
Salam dr wong ndesa.

Anonim mengatakan...

mulai besok kaya'nya sekeluarga harus makan pete stiap hari nih...
btw, utk m'hilangkan bau pete kalau tdk salah makn ketimun..
-temannya mama gasan-

mama icel mengatakan...

@chica mamanya shaina
nah itu dia harus dicoba mam..kalau papanya suka biasanya anaknya lebih suka lagi loh hahahaha...

@suhar
sekarang gak malu2 lagi mengakui ..i like pete...heheheh

@anonim
jadi motonya jadikan pete sebagai makanan yg selalu ada di meja makan anda ....wakakakk