Rabu, 07 Mei 2008

PAP SMEAR

Sebetulnya kemaren pagi gak ada rencana mama Icel untuk pap smear ,hanya mau ketemu bidan Nurse ,ada yang mau ditanya2 dan ke dokter umum untuk cek migren yang akhir2 ini sering mampir..ih mampir..tamu kali mampir..…
Memang sekalian mau ketemu dua2nya biar tidak bolak-balik ke klinik yang antrenya ..huh..puanjang dan lama..gimana gak lama kliniknya kecil dokter prakteknya hanya 4 orang tapi melayani karyawan+keluarga.Jadi kemaren pagi jam 8 tepat mama Icel udah ngendon di klinik…
Eh..gak lama nunggu bener kan... langsung deh dpt giliran pertama ke poli ibu dan anak. Walaupun nomer antrenya sekian puluh tp kalau pasien blm pada datang ya yg ada dulu dipanggil…

Setelah konsultasi ke bidan(dokter kandungan dari Jakarta hanya datang 1-2 minggu sekali)selesai,bu bidan(bu Sisca namanya) yg kebetulan 1 gereja 1 lingkungan dan tetanggaan pula menyarankan untuk pap smear juga..memang sih bulan ini pas jadwalnya pap smear pas setahun yg lalu terakhir ngecek…Sebetulnya sih belum siap..tahu sendiri kalau mau pap smear kan kudu dipersiapkan mental spritual..*halah*..walaupun sama2 ibu2 rasa risih kan ada juga..apalagi dengan bu sisca hampir tiap hari ketemu…malu juga tahu daleman kita hahaha…

Tapi untuk kesehatan rasa malu,risih dll itu singkirin jauh2 deh..apalagi pemeriksaan pap smear sangat dianjurkan untuk wanita yang sudah menikah untuk mendekteksi secara dini adanya kanker servik…Kalau buat mama Icel sih wajib..secara kakak nomer 2 mama Icel,mbak Dian meninggal karena kanker serviks 2,5 tahun yang lalu….duh jadi sedih deh jadi pengen nangis kalau ingat... bayangin tanpa ada tanda2 dan gejala apa2 mbak Dian langsung divonis dokter kalau ada kanker di rahimnya.. yang tahu2 sudah stadium 3C!!
Rasanya dunia mau runtuh…kebayang kan betapa hancur hati kami sekeluarga…apalagi yang mengalami? Tapi mbak Dian adalah orang yang tegar…dia begitu berjuang melawan sakitnya…pengobatan apapun mau dijalaninya demi kesembuhannya, karena ada 3 jagoan yang masih membutuhkan perhatian dan kasih sayang seorang ibu..hingga mbak Dian harus dioperasi dan selanjutnya kemoterapi..semua dijalani dengan tegar dan ketenangan yg luar biasa….
Tapi mbak Dian harus menyerah ..tepat 10 hari sebelum natal tahun 2005...mbak Dian dipanggil …
Miris mama Icel mengingat itu…cut aja sampai sini aja ya…gak bisa nerusin nih..

Oya setelah ke bidan mama Icel ketemu dengan dokter Elisabeth...sama namanya ma Elsa..sama nama bangga..... .katanya sih migren tuh gak perlu disembuhkan dg obat,tapi hanya perlu istirahat ,tidur cukup dan jangan banyak pikiran apalagi stress...yang penting adalah pola hidup sehat...rajin olah raga dan terutama yg penting nih dari makanan...waduh susah nih..mama Icel pemakan segala je...hahaha....
Memang susah untuk merubah kebiasaan atau pola hidup yang kurang baik,...padahal kalau tidak dari sekarang kapan lagi mau mencoba?Dokter memberi follow up untuk konsultasi dengan dokter neurologist yg datang akhir bulan ini...semoga deh semua baik2 saja...





20 komentar:

Eucalyptus mengatakan...

Wah jadi serem neh, mo periksa juga ah

Ocha mengatakan...

Jadi takut nih...mo pap smear ahhh...tq pencerahannya ya Buuu

Angsoka47 mengatakan...

aku blm pernah sama sekali tuh.. gmn rasanya ya???

mama icel mengatakan...

@eucalytus & ocha
ayo..pap smear,jadikan acara wajib tahunan ya...

mama icel mengatakan...

@renny
sama ma kalau pasang IUD say...so gak sakit kan?

Febrie mengatakan...

aku baru pap smear sekali nih .. taon ini mesti lagi cuman masih blm siap mental (nyontek istilahnya yaa ..) .. padahal aku dah pernah kena kista ama mioma ..

Marlina mengatakan...

Wah iya..jadi ingat juga..kapan ya dpt panggilan lagi buat kontrol kandungan. Panggilan pertama waktu umur 30thn, aku cuekin, secara waktu itu baru abis melahirkan..

Gak sakit ya? Cuma malu aja kali ya (sama dg ikke nih, urusan begitu suka malu) hehe

mama icel mengatakan...

@febrie n marlina
iya siapin mental juga tp jgn kelamaan ya..jauh2 hari sblmya deh..biar sampai hari Hnya kita udah siap...gak sakit kok..

Tiwi mengatakan...

pap smear sih gak sakit, tapi risih juga ya secara ada yang ngobok2 anu sih....

Tabah ya jeng, walo gimana namanya kehilangan sodara kandung ya pasti sedih banget :(...

Irma-MamaVian mengatakan...

Jadi takut... aku mau periksa juga deh. Pernah sih sekali waktu taun 2004.

ichaawe mengatakan...

disini gak ada pap smear2an.... emangnya diapain yah????
ntar aja degh kalo ke indonesia

Indah mengatakan...

Ya pernah denger jg spt itu....ngeri ya,pengen sih papsmear tp takut diobok2..tuh...

dewi mengatakan...

mama dan cici aku rutin pap smear. aku juga disuruhin, cuman males utk memulai. hehe... baca postingan mbak, aku jd diingetin lagi. :)

Mama Rashel mengatakan...

takut2 pingin sbenarnya mau pap smear niy mom...

dibidan dulu nglairin acel ada pap smear n gurah vagina segala..udah pingin nyobain dari dulu2 tp kok gimana gitu..malu2 tp pengin banget..:D sakit ga siy...risih kali ya...

Ani mengatakan...

Dulu aku juga malu kok kalau diobok2 dokter di bagian situ, tapi berhubung pernah kena kista, setelah oprasi harus kontrok setiap bulan, ya mau nggak mau akhirnya terbiasa, untung dokternya juga cewek sih.

Vina Revi mengatakan...

Sip! Wanita yang sudah menikah -apalagi udah punya anak- memang kudu rajin pap smear.

Mama Shasa Shahira mengatakan...

mam.. aku jg srg kena migrain.. bener itu mam ktnya mesti istirahat and makannannya jga di liat.. kl makanan okelah bisa di atur.. tp kalo istirahat ngeblog.. bisa gak seeh...? hehehe..

mama icel mengatakan...

@para momys
bagus deh udah pada pernah pap smear yg rutin aja jgan malu dan males buat kebaikan kita juga..tuk mama rashel,bu sisca juga bisa gurah lho aku juga mau tapi ntar2 dulu kalau yg ini nyante aja kpn2 bisa..

hayo siapa lagi yg blm pap smear?

Crystal X - tips mengobati keputihan mengatakan...

Cara praktis dan telah banyak terbukti tentang rahasia ramuan herbal khusus untuk memberantas, mengobati, mengatasi, menyembuhkan, membersihkan, dan mencegah keputihan pada wanita. Kunjungi blog ini: http://mengatasikeputihan.blogspot.com

Crystal X - tips mengobati keputihan mengatakan...

Cara praktis dan telah banyak terbukti tentang rahasia ramuan herbal khusus untuk memberantas, mengobati, mengatasi, menyembuhkan, membersihkan, dan mencegah keputihan pada wanita. Kunjungi blog ini: http://mengatasikeputihan.blogspot.com